Rabu, 21 Desember 2011

Sejarah dan Profil Departemen Teknologi Hasil Perairan FPIK IPB


Berdirinya Departemen Teknologi Hasil Perairan (THP), berawal dari Bagian Teknologi Ikan, Departemen Tata Produksi Perikanan yang bernaung dibawah Fakultas Perikanan IPB yang didirikan pada tanggal 1 September 1963. Bagian ini kemudian terus berkembang, sampai pada tahun 1985  dinyatakan sebagai Jurusan Pengolahan Hasil Perikanan (PHP) yang mengasuh Program Studi Teknologi Hasil Perikanan dengan penetapan Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia No. 0110/0/1985.

Sejalan dengan perubahan status IPB menjadi Badan Hukum Milik Negara (BHMN)  berdasarkan PP No. 154 tahun 2000, IPB menjalankan salah satu kebijakannya yaitu penataan departemen di lingkungan Institut Pertanian Bogor.  Salah satu tujuan penataan tersebut adalah untuk menyikapi tuntutan masyarakat akan lulusan IPB supaya tidak terlalu generlis tetapi juga tidak over specialist.  Penataan tersebut juga dimaksudkan untuk menghindari duplikasi antar program studi dan meningkatkan efisiensi serta efektifitas penyelenggaraan tri darma perguruan tinggi.  Seiring dengan penataan tersebut,  Jurusan Pengolahan Jurusan Pengolahan Hasil Perikanan (PHP) yang mengasuh Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, ditetapkan sebagai salah satu Departemen yang “distinc” atau berbeda diantara 36  Departemen lainnya sehingga tetap dipertahankan untuk melanjutkan kegiatan sebagai Departemen mandiri dengan nama baru Departemen Teknologi Hasil Perairan (THP) dibawah koordinasi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK).  Perubahan dan penetapan tersebut didasarkan pada Surat Keputusan Rektor Institut Pertanian Bogor No. 001/K13/PP/2005.   Sampai saat ini Departemen THP telah terakreditasi “A”.
Sejak ditetapkannya sebagai Jurusan Pengolahan Hasil Perikanan (PHP) tahun 1985, Departemen THP telah menjalanakan kegiatan Tri darma Perguruan Tinggi selama lebih dari 20 tahun dan telah menghasilkan alumni  lebih dari 1200 sarjana dan berprofesi dalam berbagai bidang seperti swasta, peneliti, dosen dan Pegawai Negeri Sipil baik di daerah maupun di pusat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar